>Mata Pelajaran Meditasi Bikin Siswa Lebih Berprestasi

>

 
 
Mata Pelajaran Meditasi Bikin Siswa Lebih Berprestasi
Nurul Ulfah – detikHealth
 
Kent, Setiap minggunya, para siswa di Tonbridge School, Inggris mendapat 40 menit kelas meditasi dan penghilang stres. Mata pelajaran meditasi itu dirancang khusus oleh para psikolog dan menjadi mata pelajaran pertama penghilang stres yang masuk dalam kurikulum sekolah.

Para psikolog dari Universities of Oxford and Cambridge tahun lalu pernah melakukan studi mengenai efek meditasi terhadap efektivitas belajar siswa di sekolah khusus pria tersebut. Karena keberhasilannya dalam meningkatkan kemampuan belajar para siswa, maka pihak sekolah memutuskan untuk menjadikannya sebagai mata pelajaran dalam kurikulum sekolah.

“Mata pelajaran ini dirancang untuk mengembangkan kemampuan berkonsentrasi dan menghilangkan perasaan gelisah. Kelas meditasi ini juga menunjukkan pada para siswa akan pentingnya ketenangan. Meditasi juga bisa membantu mereka membangun pola pikir sehat yang nantinya akan berdampak bagi kesehatan mental seperti mengurangi depresi, kecanduan atau masalah makan yang banyak dialami remaja,” jelas seorang peneliti seperti dikutip dari Timesonline, Senin (18/1/2010).

Meditasi diketahui sebagai tradisi yang membawa manfaat bagi tubuh maupun pikiran. Bahkan the National Institute for Health and Clinical Excellence merekomendasikannya dalam menangani beberapa kasus penyakit.

Richard Burnett, seorang pengajar di Tonbridge School mengatakan, dibutuhkan perubahan budaya untuk menerapkan mata pelajaran meditasi tersebut, terutama dalam hal menciptakan ketenangan dalam kelas.

“Biasanya guru kesulitan menyuruh muridnya untuk tenang dan tidak ribut, akhirnya ia memintanya dengan sedikit memaksa dan marah-marah. Tapi dalam kelas meditasi ini, ketenangan justru harus diciptakan tanpa ada paksaan. Ketenangan harus bisa dinikmati karena akan menghasilkan efek positif,” tutur Burnett.

Para siswa yang melakukan meditasi memang mengaku mendapatkan manfaat dari mengikuti kelas meditasi. Para siswa dilaporkan jadi lebih sedikit tegang jika dihadapkan pada pelajaran-pelajaran sekolah yang berat dan mengalami peningkatan prestasi dalam beberapa mata pelajaran.

Karenanya, Tonbridge School dinobatkan sebagai sekolah pertama yang sukses menerapkan teknik meditasi dalam bidang akademik.

“Kami ingin menunjukkan ada bukti ilmiah yang dihasilkan dari teknik tersebut. Jika itu berhasil, kenapa tidak digunakan? Lagipula jika mereka bisa mengatasi stres sejak dini, saya yakin masa depannya akan lebih baik” kata Mark Williams, salah seorang peneliti sekaligus direktur Mindfulness Centre, Oxford.

Teknik-teknik penghilang stres yang diajarkan dalam mata pelajaran meditasi antara lain teknik fokus pada satu hal, teknik menenangkan diri dan berkonsentrasi, sikap menerima, bercermin pada diri sendiri dan lainnya.

Para siswa mendapat satu sesi mata pelajaran meditasi sebanyak 40 menit dalam seminggu dengan menggunakan MP3 yang berisi arahan-arahan dalam melakukan meditasi. “Mereka juga bisa melakukannya di luar kelas, pada saat akan mengerjakan tugas sekolah atau sebelum ujian,” kata Mark. (fah/ir)

Sumber :

http://health.detik.com/read/2010/01/18/153338/1280856/764/mata-pelajaran-meditasi-bikin-siswa-lebih-berprestasi

Pos ini dipublikasikan di Bukti Ilmiah Meditasi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s